Profil Dan Biodata Boaz Salossa

Boaz Theofilius Erwin Solossa atau yang lebih dikenal dengan nama Boaz Salossa, adalah salah satu pemain Indonesia yang memiliki talenta emas, satu golnya ke gawang Uruguay membuktikan bahwa Boaz adalah pemain hebat. Boaz merupakan salah satu pemain yang masuk daftar skuad Timnas Indonesia besutan Alfred Riedl di Piala AFF 2010 lalu, namun karena suatu alasan Pesepakbola yang berposisi sebagai penyerang ini tidak memenuhi panggilan PSSI. Pesepakbola kelahiran 16 Maret 1986 silam ini memulai awal karir sepakbolanya di klub PS Putra Yohan Sorong, dan kini Boaz membela klub yang berjuluk Tim Mutiara Hitam yaitu Persipura Jayapura. Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui dan ingin mengetahui Profil Pemain dan Biodata lengkap dari Boaz Salossa, kami akan memberikan Profil dan Biodata lengkap dari adik Ortizan Salossa ini. Berikut Profile dan Biografi lengkap dari Boaz Salossa.



Profil Dan Biodata Lengkap Boaz Salossa

Boaz Solossa (lahir 16 Maret 1986; umur 24 tahun) merupakan pemain Sepak Bola dari Persipura, klub Sepak Bola Indonesia, yang dapat berposisi sebagai Penyerang Tengah dan Penyerang Sayap.

Profil

Boaz biasanya beroperasi pada bagian kiri-tengah lapangan. Kakaknya, Ortizan, adalah Pemain Sepak Bola yang juga bermain bersamanya di Persipura. Paman Boaz, JP Solossa adalah mantan Gubernur Papua.

Boaz pernah dijuluki sebagai anak ajaib, ketika dibawa oleh Peter Withe dan menampilkan penampilan memukau di Ho Chi Minh, saat ia tampil bersama Tim Nasional Indonesia di ajang Piala Tiger 2004.

Ia terkenal dengan kemampuannya dalam mengontrol bola, tendangan kaki kiri yang keras, akurasi kaki kiri dan kaki kanan yang baik, kecepatan, visi penyerangan, dan naluri dalam mencetak gol.

Memiliki kemiripan wajah dengan kakak kandungnya Ortizan, yang juga pemain sepakbola profesional, membuat banyak orang yang sering salah setiap kali bertemu kedua pemain ini.

Di tengah kariernya sedang menanjak, ia pernah mengalami cedera serius yang membuat ia nyaris melupakan sepakbola untuk selamanya. Cedera patah kaki kanan saat tampil membela Tim Nasional Indonesia melawan Tim Nasional Hong Kong di ajang internasional memang hampir saja membunuh karier bermain sepakbolanya. Pertandingan berakhir dengan kedudukan 3-0 untuk Tim Nasional Indonesia.

Kontroversi

Boaz memiliki temperamen yang meledak-ledak.

Pada 25 Oktober 2005, ia dijatuhi hukuman skorsing selama satu tahun tidak boleh bermain sepakbola di ajang nasional maupun internasional oleh PSSI karena terbukti menendang wasit dalam pertandingan Piala Indonesia antara Persipura melawan Persebaya pada 12 September 2005.

Boaz pernah berulah dengan menolak panggilan PSSI untuk membela Tim Nasional Indonesia U-23. Hal itu membuat otoritas sepakbola nasional berang dan mengancam menjatuhkan sanksi berat. Salah satunya tidak mengizinkan Boaz dan beberapa pemain lain yang menolak tampil bersama Tim Nasional Indonesia, untuk tampil di pentas resmi PSSI. Tapi akhirnya hukuman itu tidak dijatuhkan, setelah Boaz bersedia kembali tampil, pada tanggal 28 maret 2007 pada pertandingan Tim Nasional Indonesia U-23 melawan Tim Nasional U-23 Libanon, namun mengalami kekalahan dengan skor 2-1 untuk keunggulan Tim Nasional U-23 Libanon.

Meski berstatus pemain sepakbola profesional, Boaz terkadang masih sering sulit meninggalkan kebiasaan buruknya mengonsumsi alkohol. Ia bahkan pernah nyaris dipulangkan dari pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia di Australia oleh pelatih Peter Withe, karena kedapatan mabuk. Seiring dengan itu, penampilannya pun mulai meredup yang membuat Peter Withe mencoretnya.

Sikap profesional memang sepertinya masih sulit untuk ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Itu bisa dilihat dengan kecelakaan yang ia alami saat mengejar seekor ayam di sekitar tempat tinggalnya di Jayapura tanpa mengenakan alas kaki. Akibatnya, ia menginjak pecahan beling dan harus mendapatkan beberapa jahitan di kakinya, yang membuat ia terpaksa absen membela klubnya Persipura dalam beberapa pekan.

Karier Klub

PS Putra Yohan

Boaz membela PS Putra Yohan, sebuah Klub amatir yang berada di papua dengan status pemain binaan, pada tahun 1999 sampai 2000.

Perseru Jayapura

Boaz membela Perseru, sebuah klub amatir
yang berada di papua dengan status pemain binaan, pada tahun 2000 sampai 2001.

Tim PON Papua

Boaz dipanggil dalam Tim PON Papua untuk diperlombakan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional ke - 16 Indonesia. Saat itu ia berumur 15 tahun.

Dari Tim PON Papua inilah bakatnya tercium oleh Peter Withe, pelatih Tim Nasional Indonesia kala itu, dan membawanya menuju Piala Tiger 2004 saat ia berumur 17 tahun.

Persipura Jayapura

Sejak Tahun 2005, Boaz membela Persipura.

Prestasi

Klub

* Juara Liga Indonesia 2005-2006 bersama Persipura
* Juara Indonesia Super League 2008-2009 bersama Persipura
* Juara Community Shield Indonesia 2009 Bersama Persipura[1][2]

Individu

* Pencetak Gol Terbanyak Pekan Olahraga Nasional ke - 16 bersama Tim PON Papua tahun 2004 dengan 10 gol
* Pencetak Gol Terbanyak Indonesia Super League bersama Persipura musim 2008-2009 dengan 28 gol
* Pemain Terbaik Indonesia Super League musim 2009-2010


Demikian Profil dan Biodata lengkap Boaz Salossa yang merupakan Penyerang Persipura Jayapura yang masuk daftar pemain Timnas Indonesia di Piala AFF, namun tidak ikut membela Timnas Garuda di Piala AFF karena suatu hal.
Baca juga Profil Dan Biodata Tony Sucipto.

2 komentar:

  1. SemmmmPakkkk....
    Jambbbaaaannnnn...

    BalasHapus
  2. kenapa boaz bisa menciptakan gol?

    BalasHapus

Followers

Tentang

Foto Saya

hidupku hanya dihabiskan untuk mijet dan bermain domino,hehe..:P

Masukan Email Untuk Mendapatkan Profil Terbaru Pemain Idola Kamu, Gratis!!!

Delivered by FeedBurner

Top Blogs

Check Google Page Rank Sports
TopOfBlogs Sports Blogs

Add to Google Reader or Homepage

Powered by FeedBurner

Kategori Profil

AC Milan Ajax Amsterdam Alvaro Morata Alvaro Negredo Andik Vermansyah Andre Schurrle Andrea Pirlo Andres Iniesta Arema Malang Argentina Arif Suyono Arsenal Arsene Wenger AS Roma Aston Villa Atletico Madrid Bali Devata Barcelona Bayern Munich Belanda Belgia Biodata Pelatih Biodata Pemain Bolton Wanderers Borussia Dortmund Bosnia Brazil Chelsea Chili Denmark Dynamo Kyiv Ekuador Fiorentina Flamengo Ghana Inggris Inter Milan ISL Italia Juventus Kamerun Kolombia Korea Selatan Kroasia LA Galaxy Liga Belanda Liga Indonesia Liga Inggris Liga Italia Liga Jerman Liga Prancis Liga Spanyol Liverpool LPI Lyon Malaga Manchester City Manchester United Marseille Mexico MLS Montenegro Napoli New York Red Bulls Newcastle United Palermo Pantai Gading Pelatih Timnas Indonesia Pelita Jaya Perancis Persema Malang Persib Bandung Persija Jakarta Persipura Jayapura Persisam Samarinda Polandia Porto Portugal Profil Pelatih Profil Pemain Profil Tim PSG PSV Eindhoven Real Madrid Real Sociedad Republik Ceko Santos FC Schalke 04 Scott Parker Sejarah Klub Senegal Serbia Skuad AC Milan Skuad Ajax Amsterdam Skuad Arema Malang Skuad Arsenal Skuad AS Roma Skuad Barcelona Skuad Bayern Munich Skuad Chelsea Skuad Inter Milan Skuad Juventus Skuad Liverpool Skuad Lyon Skuad Manchester City Skuad Manchester United Skuad Marseille Skuad Persema Malang Skuad Persib Bandung Skuad Persija Jakarta Skuad Persipura Jayapura Skuad PSV Eindhoven Skuad Real Madrid Skuad Schalke 04 Skuad Sriwijaya FC Skuad SS Lazio Skuad Tim Skuad Timnas Indonesia Slovakia Spanyol Sriwijaya FC SS Lazio Swedia Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-23 Timnas Inggris Timnas Italia Timnas Jerman Timnas Kroasia Timnas Perancis Timnas Portugal Timnas Wales Togo Tottenham Hotspur Turki Udinese Ukraina Uruguay Valencia CF Villarreal Wales